Sunday, July 29, 2012

tentang proses pembuatan novel Labirin Ingatan


mumpung tangannya lagi istirahat dari jarum dan benang, aku mau cerita ah gmn bisa sampe terlibat dalam produksi novel Labirin Ingatan. 

setelah lulus dari kuliah broadcast, saya malah ngga berminat buat menggeluti dunia itu. kecuali layar lebar, kalo ada lagi saya mau. hehe. 

slh satu kegemaran saya dr dulu adlh membuat segala sesuatu sendiri. kl udh kebanyakan, ya dijual. jd awalnya memang ngga sengaja jualan.sempet punya brand [kammi] handmadeproject, bikin pouch kanvas yang disulam, dengan memanfaatkan kain limbah pabrik garment dan baju2 bekas.

suatu hari jumpa  dan bertukar cerita tentang banyak hal, termasuk "do it yourself. or do it with your friends". intinya tentang bagaimana membuat basis ekonomi sendiri tanpa merugikan orang lain sekaligus melakukan sesuatu untuk lingkungan. mengingat dari kecil sudah melihat orangtua saya melakukan hal serupa, saya jadi yakin dalo dari sini saya juga bisa hidup. 

ya jadi gitu, ketemu  yang punya segambreng tulisan ajaib, saya mikir, ini sayang banget kalo ngga dibikin edisi fisik nya. kemudian  cerita tentang bagaimana ribetnya berurusan dengan para penerbit, termasuk di dlmnya merubah isi konten novel tersebut. akhirnya, saya menawarkan diri untuk bersama2 mengerjakan edisi fisik novel Labirin Ingatan ini.

setelah bikin dummy, dan disetujui oleh  barulah novel ini dipublish, untuk ditawarkan kpd siapapun yang ingin mengoleksinya. prosesnya ngga sebentar, karena harus hunting bahan yang tepat, keliling tempat fotokopian yang hasil dan harganya sesuai keinginan, juga menggambar desain untuk cover depan novel Labirin Ingatan ini, kemudian menyulamnya.



fotokopi? ya, fotokopi. buku ini ngga dicetak di percetakan, tapi difotokopi secara manual, karenanya, ngga bisa diburu-buru pengerjaannya. emblem sablonan untuk edisi print on demand dikerjakan oleh teman2 dari Instituta. tentang Instituta, diceritakan juga di dalam novel ini :)

setelah ketemu kain yang cocok untuk sampul, akhirnya habis ini masuk tahap pen-ja-hit-an! asikkkkk.... sementara menyulam untuk edisi kolektor masih kurang 4 lagi. ahaha! semangat!

kabar gembira, untuk edisi kolektor, akhirnya akan dibuat hardcover! dan tetep, bonus pouch kain. karena bener2 dikerjakan pake tangan saya yang cuma dua ini, (dibantu ibu saya kadang2. jadi kadang2 tangannya empat)... jadi harap maklum kalo pengerjaannya cukup memakan waktu. kita tetap mengecek kualitasnya satu persatu. supaya ngga mengecewakan siapapun. nunggu lem nya kering betul untuk sampulnya juga butuh satu setengah hari, dibiarkan kering secara alami, bahkan tanpa bantuan matahari.

emangnya jemuran? mesti kering pake matahari? *jitak kepala sendiri*

karena ini full handmade, harap memperlakukan buku ini dengan ekstra hati-hati ya... mau seteliti apa saya mengerjakan dan mengecek kualitasnya, tetep ngga sehabat bikinan pabrik. 

oiya ada yang ketinggalan. alasan lain kenapa buku ini diproduksi sendiri adalah untuk menghindari mass production.mass production menghasilkan limbah dan merusak lingkungan.dgn memproduksinya sendiri, kita justru bisa memanfaatkan limbah. 

master novel ini dikerjakan sendiri oleh  dan di print di atas kertas bekas. master inilah yang akhirnya diperbanyak dgn proses fotokopi dengan menggunakan materi book paper yang ringan dan ramah dengan mata kita.

yang bikin semangat ngerjain adalah, apresiasi teman2 dan keluarga akan edisi fisik novel ini sangat membahagiakan :) makin bahagia (sekaligus heran) lagi adalah, bukunya sold out dalam semalam. begitu bangun dari tidur, ada pesan dari  "bukunya sold out, mari segera dikerjakan" . saya speechless.

saya mengerjakan semua ini dengan hati yang sangat riang, jadi semoga semuanya senang. meskipun udah pake helm proyek, kecelakaan kerja tetap susah terhindarkan seperti kecolok benang, tragedi benang kusut, kesilet cutter, dll. tapi tetep, semuanya kami kerjakan dengan senang hati. :)

saya percaya yg mengoleksi novel ini adalah orang2 yang cinta dengan buku, jadi saya juga percaya pasti buku ini akan diperlakukan dgn baik. cara yang baik memperlakukan buku ini selain tidak melipat halamannya adalah tidak diajak berenang atau mandi.

doakan waktunya cukup, akan ada kejutan bonus lagi untuk yang mengoleksi buku ini, bik edisi kolektor maupun edisi print on demand. yaiy!! 

gituajasih, terima kasih sudah menyimak, maaf menuh2in timeline siang2.
sekian dan terima order apapun yang berhubungan dengan merchandise, kain, jarum dan benang. cover buku lagi juga boleh. yaksip.


novel Labirin Ingatan book one : Linimasa oleh Ervin Ruhlelana,
silakan download pdf version nya di sini:



 *from my timeline @catnish

No comments:

Post a Comment

jauh

duduk diam memandangimu yang berada di luar jarak pandang merekam lamunmu yang tak dapat kubaca, dan diammu yang tak dapat kuterka. seny...